Janji Politik · Kerusakan Jalan

Pembangunan Infrastruktur Kota Depok Hanya Janji?

108682_6201Pemakai kendaraan yang melintas di Jl. Raya Muchtar baik dari arah Depok maupun Sawangan khususnya warga di Kelurahan  Rangkapan Jaya Baru, Pancoran mas menilai Pemkot setempat tutup mata dengan kerusakan badan jalan di kawasan itu. Pasalnya, kerusakan dan lubang ditengah jalan persis di depan Pesantren Al Hamidiyah sudah terjadi beberapa bulan belakangan.

“Rusaknya badan jalan sudah terjadi hampir dua bulan lebih tapi tak pernah ditambal atau diperbaiki seperti janji Walikota Depok Muhammad Idris maupun Wakil Walikota setempat Pradi Supriatna untuk memperbaiki infrastruktur khususnya jalan dan saluran air di Depok,” keluh Ny. Rosnawati, warga Pancoran Mas, Depok.

Kerusakan badan jalan akibat aspal terkelupas maupun terendam air saat hujan sudah sering terjadi di sepanjang ruas Jl. Raya Muchtar tapi selalu dikesampingkan hingga membuat arus lalu lintas yang setiap hari macet bertambah parah kemacetan serta kesemrawutannya.

Menurut dia, tak ada upaya sama sekali dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) untuk menambal atau memperbaiki kerusakan badan jalan yang ada. Kalau pun ditambal atau diperbaiki pihak petugas DBMSDA kebanyak memilih badan jalan yang diperbaiki atau permintaan pemilik rumah toko (Ruko) yang persis ada di pinggir jalan. “Tak hanya kerusakan badan jalan tapi saluran air di depan dealer motor dekat Sekolah Cakra Buana sudah hampir tiga bulan tersumbat sampah dan lumpur tak pernah dikeruk petugas,” tuturnya.

Petugas melintas

Ny. Tuti, warga Jl. Raya Kupu, Pancoran mas, mengaku kecewa dengan kinerja Walikota dan Wakil Walikota Depok khususnya jajaran DBMSDA saat memperbaiki sejumlah kerusakan badan jalan yang berlubang atau rusak karena lebih melihat dari lokasi kerusakan.

“Buktinya kerusakan badan jalan persis di depan Pesantrean Al Hamidiyah sudah beberapa bulan dibiarkan saja sementara petugas DMBSDA Kota Depok jika ingin memperbaiki kerusakan badan jalan di Kelurahan Pasir Putih maupun Bedahan, Kecamatan Sawangan selalu melintas atau melewati di jalan raya ini tapi kenapa tidak sekalian ditambal atau diperbaiki,” ujarnya kecewa.

Kondisi kerusakan badan jalan itu menambah titik kemacetan di sepanjang Jl. Raya Muchtar baik dari Sawangan maupun Depok tentunya bertambah selain kemacetan terjadi di perempatan Jalan  Raya mampang (Masjid Mampang, pertigaan Jalan  Tanah Baru dekat RS Bahkti Yudha dan pertigaan Parung Bingung, Sawangan, katanya.[]

Advertisements